Pasar Gede Solo Dulu dan Sekarang

Terletak di jantung kota Surakarta, Pasar Gede dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Ir. Thomas Karsten dan selesai pada tahun 1930. Nama Pasar Gedhe bermula dari bentuk atapnya yang besar yang dibangun di area seluas 10.421 hektare, sebagai pasar terbesar dan termegah di Surakarta. Dulu, pasar gede hanya sebagai pasar tradisional yang menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli kebutuhan pokok, berikut potretnya.

pasar gede
sumber : Dokumentasi Shelma Shalindri
pasar gede
sumber : Dokumentasi Shelma Shalindri

Seiring perkembangan waktu, fungsional pasar gede tidak hanya pada tempat pertemuan penjual dan pembeli. Pasar Gede berubah menjadi tempat wisata kuliner yang menawarkan pengalaman berbeda, karena “makan di pasar”, apa saja kulinernya?

  1. Dawet Bu Dermi
sumber: inibaru.id

Salah satu jajanan yang menjadi “icon” Pasar Gede, semangkok es dawetnya sungguh dapat menghilangkan dahaga setelah selesai berbelanja. Menariknya, konon katanya resep ini sudah turun menurun sejak tahun 1930, lama juga ya?

Artikel lainnya : %Arabica, wajah baru coffee shop di Indonesia.

2. Kopi Podjok

pasar gede
sumber: kompas.com

Salah satu toko kopi legendaris di Kota Surakarta ini ada di Pasar Gede, lho! Toko kopi ini sudah ada sejak tahun 1947, menjual berbagai jenis kopi dari arabica nusantara hingga robusta nusantara. Selain itu juga terdapat peralatan untuk mengolah kopi. Jika Kamu ingin menikmati seduhan kopinya, jangan khawatir di sini ada olahan seduhan kopi yang dibandrol dengan harga mulai Rp 4000.

3. TFP Kopi Warung

pasar gede
sumber : tfpkopiwarung

Berasal dari singkatan The Frech Press Kopiwarung Pasar Gede, “outlet” ini adalah salah satu yang menghidupkan kuliner pasar gede lantai 2. Menyajikan berbagai makanan western, dengan harga mulai dari 10.000 rupiah hingga 35.000 rupiah Kamu bisa menyantap makanan sehat dan lezat ini, lho!

4. Vipho9

Di Surakarta sendiri, makanan Vietnam mungkin bukanlah makanan yang familiar di lidah masyarakatnya. Namun Vipho9 ini menawarkan hal baru dalam kuliner di Surakarta, yaitu masakan khas negara Vietnam seperti spring roll, Pho, dan lain sebagainya. Makanan di Vipho9 terasa sangat enak dan otentik seperti sedang makan di Ho Chin Minh, haha.

5. Uma Yum Cha

sumber instagram Uma Yum Cha Solo

Salah satu dimsum yang sedang rame di Kota Surakarta ini berasal dari kota sebelah, Yogyakarta. Mulai dari Rp. 3.000/pcs Kamu bisa menikmati berbagai jenis dimsum yang ditawarkan