“Clubhouse” Aplikasi baru yang menarik? Hmm..

Baru-baru ini, kamu pasti mendengar aplikasi yang cukup membuat penasaran, aplikasi yang untuk masuknya saja Kamu harus mendapat “undangan” dari temanmu dan hanya dapat digunakan bagi pengguna iPhone, hmm. Menariknya, Clubhouse ini diisi oleh orang-orang “terkenal” sehingga Kamu bisa merasa “selangkah lebih dekat” dengan mereka.. wah!

Clubhouse
sumber: Dokumentasi Anabata

Clubhouse adalah aplikasi yang dibuat oleh Paul Davidson dan Rohan Seth pada April 2020, belum ada 1 tahun tetapi aplikasi ini cukup menarik perhatian pengguna sosial media di Indonesia setelah pendiri Tesla, Elon Musk dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg bergabung pada Clubhouse. Aplikasi ini merupakan media sosial berbasis audio, namun, seperti mengadopsi aplikasi lain seperti Discord dan Zoom, karena pengguna dapat menjadi pembicara, membuat room, maupun menjadi pendengar saja.

Artikel lainya: Inspirasi Desain dengan Color of The Year by Pantone

Konsepnya seperti Zoom, terdapat moderator sebagai orang yang dapat memilih pembicara dan “mengembalikannya” ke pendengar. Kamu dapat sesuka hati masuk dan keluar room tanpa orang-orang menyedari keberadaanmu, berbagai cerita dan kisah di balik layar orang-orang yang berbagi dalam platform Clubhouse sangat insightful! Kamu juga bisa membangun networking melalui platform ini, karena di masa pandemi yang hampir satu tahun membuang satu kebiasaan manusia, yaitu: nongkrong,  dengan adanya platform ini kamu bisa “nongkrong” secara virtual dibantu dengan audio visual dengan siapapun tanpa harus menampilkannya secara visual seperti Zoom dan aplikasi video-based lainnya.

Topik yang dibahas dalam platform ini, mulai dari “Kenapa Orang Kaya Pakai Sandal di Rumah?” oleh Arief Muhammad hingga topik seperti “Idola Anak Jaman Sekarang” oleh Hadi Ismanto . Akhir-akhir ini perbincangan seputar arsitektur mulai berpindah ke ClubHouse bahkan sampai malam sekali, tertarik untuk bergabung? Jangan lupa ya, salah satu Community Guidelines adalah dilarang merekam pembicaraan yang ada dalam Clubhouse lalu mengunggahnya dalam media sosial lain! Jadi, Kamu tipe pembicara, moderator, atau pendengar dalam platform ini?

Artikel lainnya : %Arabica, wajah baru coffee shop di Indonesia.